Tips Traveling dengan Biaya Murah

Oleh: Vivi Al Hinduan

Tips Traveling Dengan Biaya Murah
Traveling ke suatu tempat-terutama luar negeri-memang sangat menyenangkan, apalagi jika kita hanya mengeluarkan biaya yang murah. Namun, tidak setiap saat kita beruntung mendapatkan tiket pesawat dan biaya penginapan yang murah meriah. Di musim-musim tertentu, harga tiket peawat dan biaya hotel melambung tinggi.
Beberapa tips berikut barangkali agak ekstrim, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba

1. Pergi ke Daerah/ Negara yang Baru Saja Mendapat Label Travel Warning

Ini kisah nyata seorang perempuan warga Malaysia yang sudah lama ingin ke Bali. Ia menabung untuk membiayai tiket pesawat dan harga hotel yang mahal di sana, demi merasakan ‘surga’ para wisatawan itu. Setelah  kejadian Bom Bali pertama 2002 silam, Bali mendapat label ‘travel warning’ dari beberapa negara, terutama Australia. Banyak warga Australia yang tewas akibat insiden bom Bali I itu.

Saat itu, jumlah kunjungan wisatawan menurun drastis karena Bali dianggap tidak aman. Otomatis, maskapai penerbangan dan hotel di Bali berlomba menurunkan tarif untuk menarik wisatawan asing. Beberapa maskapai dan hotel memberi diskon 50%. Saat itulah, ia berlibur ke Bali. Di sana, ia benar-benar dilayani seperti seorang ratu. Ia benar-benar merasakan ‘surga’ di Bali.

2. Pergi ke Negara/ Daerah Konflik

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Poso? Apa pun yang Anda bayangkan, saya yakin bukan danau Poso yang indah. Banyak yang tidak tahu jika ‘markas besar’ Densus 88 itu ternyata memiliki keindahan alam yang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata, salah satunya danau Poso yang indah dan masih alami.

Selama ini media selalu memberitakan hal-hal negatif tentang Poso. Ini membuat orang takut berkunjung ke sana. Siapa tahu, maskapai penerbangan dan hotel-hotel di Poso sedang ‘banting harga’ habis-habisan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Berani mencoba?

3. Pergi ke Negara yang Tengah Dilanda Perang
Ini mungkin tantangan paling mendebarkan. Barangkali hanya wartawan liputan perang yang berani ke sana, selain petugas PBB. Tapi kalau Anda nekat, Anda bisa bergabung dengan rombongan sukarelawan dari seluruh dunia yang biasanya diijinkan untuk masuk ke sana mengantar obat-obatan dan makanan.

Beberapa konglomerat Amerika Serikat sering masuk dan memulai bisnisnya di negara-negara yang menjadi sasaran invasi Amerika Serikat seperti Irak, Afghanistan dll. Bahkan bukan tidak mungkin, perang sengaja diciptakan demi keuntungan bisnis semata.

4. Pesan tiket beberapa bulan sebelumnya
Para backpacker biasanya sudah memesan tiket pesawat jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Sering-seringlah  meng-update harga tiket tiket transportasi umum seperti kereta, bis, dan pesawat. Jika beruntung, anda akan menemukan promo-promo khusus di mana harga tiket mendapat diskon hingga 50% lebih untuk sekali pergi-pulang.

5. Mencari Penghasilan Tambahan
Saat ini, kemudahan teknologi membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan part time yang barangkali tidak pernah kita bayangkan sepuluh tahun silam. Cukup dengan duduk di rumah bermodalkan laptop dan modem,  kita sudah bisa menjadi seorang content writer, admin social media atau bahkan menjadi buzzer. Selain itu, dunia kreatif di Indonesia saat ini sedang bertumbuh pesat. Profesi di bidang kreatif seperti menjadi seorang fotografer lepas, mendesain kaos atau  logo untuk suatu perusahaan, hingga mendesain cover buku dapat menjadi alternatif profesi dengan penghasilan lumayan yang akan sangat bermanfaat untuk mengupgrade tujuan traveling anda.

6. Cari Teman Traveling Sebanyak-banyaknya
Teman sangat Anda butuhkan untuk partner traveling anda nantinya, selain menemani di perjalanan, semakin banyak teman yang kalian ajak maka semakin sedikit biaya yang harus Anda keluarkan. Anda dapat urun rembuk dapat membeli sesuatu di perjalanan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.